Cara Memperbaiki Windows Tidak Dapat Menyelesaikan Kesalahan Format

Pendrives atau thumb drive adalah perangkat keras yang sangat berguna. Mereka dapat digunakan untuk mentransfer file dengan sangat nyaman jika dibandingkan dengan CD dan DVD. Karena kecil dan kompak, mereka sangat tahan lama, tidak seperti CD. Namun terkadang, Anda mungkin mendapat masalah saat memformat Flashdisk atau kartu SD Anda. Saya berbicara tentang Windows yang terkenal tidak dapat menyelesaikan kesalahan format, yang sering didapat pengguna saat melakukan tindakan format di perangkat mereka.

Sama seperti perangkat penyimpanan lainnya, pen drive ini juga harus diformat ke dalam sistem file yang kompatibel seperti FAT32 atau NTFS berdasarkan kasus penggunaan. Namun saat Anda mengeklik kanan drive dan memilih format, Anda mungkin mendapatkan “Windows tidak dapat menyelesaikan format“. Kesalahan ini muncul terlepas dari versi OS Anda.

Cara Memperbaiki Windows Tidak Dapat Menyelesaikan Kesalahan Format

Bagaimana cara memperbaiki Windows tidak dapat menyelesaikan kesalahan format?

Kesalahan ini berarti bahwa Windows tidak dapat menyelesaikan pemformatan drive karena beberapa masalah. Ini dapat disebabkan oleh detail partisi yang rusak atau kerusakan fisik lainnya pada drive.

Sering kali, kesalahan ini terjadi ketika Anda secara tidak sengaja menghapus pen drive saat Windows sedang mentransfer file atau memformat drive. Jadi apa pun kasus Anda, kami akan memberi Anda beberapa solusi yang dapat Anda coba untuk memperbaiki masalah ini.

Peringatan

Jika drive Anda berisi data berharga, sebaiknya kunjungi layanan pemulihan data sebelum mencoba apa pun sendiri.

Metode 1: Periksa Kerusakan Fisik

Ini adalah penyebab paling umum dari masalah tersebut. Terkadang, Flashdisk yang rusak juga akan muncul di Explorer. Tetapi Anda tidak dapat melakukan perubahan apa pun pada drive seperti memformatnya. Transfer file ke drive juga akan gagal dengan kesalahan. Periksa poin-poin ini sebelum melanjutkan lebih jauh.

  • Coba gunakan thumb drive di port yang berbeda untuk memeriksa apakah port tersebut menyebabkan masalah.
  • Demikian pula, masukkan thumb drive ke PC lain (atau bahkan ponsel yang menggunakan kabel OTG) dan lakukan format pada perangkat.
  • Jika itu juga tidak dapat memformat, coba gunakan thumb drive yang berbeda pada PC yang sama. Akhirnya, Anda bisa sampai pada kesimpulan mana yang menyebabkan masalah.

Jika menurut Anda drive tersebut berfungsi dan tidak ada masalah dengan porta juga, Anda dapat mencoba menggunakan metode berikut.

Metode 2: Memformat menggunakan Utilitas Manajemen Disk

Windows memiliki alat yang sangat berguna untuk mengelola tugas terkait disk, yaitu Utilitas Manajemen Disk. Kita bisa menggunakannya untuk memformat Flashdisk. Untuk melakukannya,

  1. Tekan tombol Windows + R untuk meluncurkan kotak Run.
  2. Di dalamnya, ketik diskmgmt.msc dan tekan enter. (Pintasan keyboard Win + X, tekan K)
  3. Sekarang ini akan membuka utilitas manajemen Disk.
  4. Dari utilitas, klik kanan pada Flashdisk.
    catatan: pastikan Anda memilih Flashdisk dan bukan disk lain.
    Cara Memperbaiki Windows Tidak Dapat Menyelesaikan Kesalahan Format
  5. Klik format dan klik Yes untuk konfirmasi.
  6. Dari munculan, masuk / pilih
    Nama volume = Nama drive pilihan Anda
    Filesystem = Fat32 (untuk digunakan dengan semua perangkat) atau NTFS (untuk digunakan hanya di Windows).
    Allocation Unit size = Default
    Pastikan Anda memiliki tanda centang dalam format Cepat (jika gagal lagi, coba hapus tanda centang).
  7. Klik oke dan konfirmasi lagi, tunggu sampai format selesai.

Sekarang Utility akan memformat pen drive, dan drive tersebut akan muncul di Explorer. Jika gagal lagi, Anda dapat mencoba metode selanjutnya.

Metode 3: Format menggunakan Diskpart

Diskpart adalah utilitas baris perintah untuk mengelola disk dan partisi di windows. Anda dapat memformat drive Anda menggunakan diskpart dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka sebuah prompt perintah (atau PowerShell) sebagai admin. (Pintasan tombol: Menangkan + X, tekan SEBUAH.)
  2. Tipe diskpart dan tekan enter.
  3. Di bawah bagian disk, ketik Daftar Disk.
    Ini akan menampilkan semua disk Anda yang tersedia. Temukan disk Anda (Flashdisk) dengan mengenali ukurannya.
  4. Sekarang ketik pilih Disk x (Di sini ganti Disk x dengan disk no. Untuk Flashdisk Anda misalnya, Disk 1)
    catatan: Memilih disk yang salah akan mengakibatkan hilangnya data. Pastikan Anda memilih disk yang benar. Ketik lagi dalam Daftar disk untuk memastikan disk yang tepat dipilih. Disk yang dipilih akan memiliki * simbol sebelumnya.
  5. Sekarang ketik yang berikut satu per satu:
    Bersih
    Buat partisi utama
    Aktif
    format fs = FAT32 cepat (perhatikan Anda dapat memilih NTFS dan juga menghapus dengan cepat untuk melakukan format penuh)
    Menetapkan
    Cara Memperbaiki Windows Tidak Dapat Menyelesaikan Kesalahan Format
  6. Itu saja perangkat Anda akan diformat, dan huruf drive akan ditetapkan untuk itu.

Jadi, sekarang Anda seharusnya dapat melihat drive di File Explorer.

Metode 4: Menggunakan pihak ketiga, Disk atau manajer partisi

Meskipun Diskpart dan utilitas manajemen Disk adalah alat yang sangat kuat, ada beberapa alat pihak ketiga lain yang tersedia untuk melakukan tugas tersebut. Tetapi pengelola partisi ini menawarkan lebih banyak alat dan fitur. Misalnya, alat ini dapat melakukan operasi tertentu tanpa kehilangan data yang tidak dapat dilakukan oleh pengelola Disk.

Manajer Partisi EaseUS

Misalnya, kita dapat menggunakan master partisi Ease US. Namun, Anda dapat menggunakan alat pilihan Anda untuk tugas ini. EaseUS menyediakan antarmuka yang mirip dengan yang ada di manajer Disk. Jadi Anda cukup mengklik kanan pada disk yang ingin Anda format dan pilih Format.

Cara Memperbaiki Windows Tidak Dapat Menyelesaikan Kesalahan Format

Dapatkan dari Sini.

Rufus

Rufus adalah alat gratis dan brilian yang dapat membuat media instalasi yang dapat di-boot menggunakan file iso. Alat ini juga dapat digunakan untuk memformat stik USB. Cukup klik pada format tanpa memilih file iso apa pun. Rufus hanya akan memformat drive untuk Anda.

Meski ada keuntungan dalam menggunakan software ini. Perangkat lunak ini hanya menampilkan Drive USB. Jadi, Anda menghilangkan risiko memilih disk atau Drive lain secara tidak sengaja.

Kesimpulan

Ini adalah solusi untuk Windows tidak dapat menyelesaikan masalah kesalahan format. Solusi ini akan berfungsi di semua versi windows. Meskipun jika Anda tidak dapat memformat bahkan setelah menggunakan langkah-langkah ini, ini berarti drive itu sendiri rusak. Pada titik itu, Anda tidak dapat melakukan apa pun kecuali menggantinya dengan yang baru.